Selasa, 04 Januari 2011

Menjaga Pandangan Mata

Ibnu Qayyim al-Jaujiyyah menyebutkan bahwa diantara manfaat menjaga pandangan adalah menjadikan hati selalu bahagia, gembira, terbukanya hati jauh lebih besar dari kenikmatan dan kebahagiaan yang lahir dari memandang lawan jenis. Ini diakibatkan karena seseorang telah mampumenaklukkan setan dengan menentang kehendaknya sak kehendak hawa nafsunya.
Ditambahkan bahwa bila ia telah mampu menghentikan kenikmatan dan memenjara keinginannya hanya karena ALLAH secara otomatis ia mampu menekan nafsu yang selalu memerintah tindak kejahatan niscaya ALLAH akan menggantinya dengan kebahagiaan dan kenikmatan yang lebih sempurna. Sebagaimana sebagian ulama berkata, "Demi Allah, nikmatnya keterpeliharaan diri, jauh lebih agung daripada nikmatnya dosa."
Tak dapat dipungkiri bahwa jika jiwa telah mampu menundukkan keinginan, niscaya akan berujung pada kebahagiaandan kegembiraan serta kenikmatan yang lebih sempurna daripada kenikmatan memperturutkan hawa nafsu. Keduanya bukan perbandingan yang seimbang. Dari aspek ini betapa terlihat keutamaan akal dibandingkan hawa nafsu.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More